Sabtu, 06 November 2021

Cara Bersihkan Kerak Karbon Knalpot 2 Tak

                    

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-9210994285488848"

     crossorigin="anonymous"></script>


 Salam 2 Stroke Legend... 

 Biasanya pada knalpot 2 tak, apabila pemakaian motor  yang sudah lumayan lama, karbon akan banyak menempel di perut knalpot, akibatnya asap akan semakin banyak, suara knalpot mendem tidak garing lagi, mungkin sobat sobat akan melakukan pembelahan atau bedel ulang untuk membersihkan knalpot yg sudah kotor tsb. Apalagi urusan knalpot ini berbeda dengan jeroan mesin yg lain seperti karburator, selinder head atau deksel, blok silinder ,  kotak filter udara dan busa saringan udara yang mudah untuk dibersihkan. Sedangkan knalpot sering luput dari pembersihan karena banyak penghalang atau sekat (khusus knalpot std yg belum di belah) atau knalpot yang sudah di belah atau bedel sekalipun . Karena kl dulu bengkel biasanya pakai kawat baja besar listrik yang dimasukkin dengan sedikit siram bensin untuk membersihkan kerak karbon di dalam knalpot tsb, namun cara itu sudah tidak efektif karena adanya sekat-sekat tadi, membersihkan dengan alat tsb masih banyak menyisakan kerak yang tersembunyi di sela sela perut knalpot, apalagi kalau kerak tersebut sudah lama mengendap, akan susah mengangkatnya karena sudah menempel di dinding knalpot tsb... Obat satu satunya ya di belah atau bedel untuk mengikis kerak yg membandel tsb dengan gerinda dan api las... Belah knalpot sekarang bukan nya murah seperti awal awal musim belah knalpot 2 Tak dulu, apalagi kalau sudah keseringan belah knalpot setiap mau membersihkan kerak harus ke tukang las karbit , lama lama knalpot bisa berubah volume nya.  

Setelah mencari informasi dan bereksperimen sendiri, gimana cara bersih kan knalpot tanpa las las lagi... Akhirnya didapat cara sbb:

Pertama siapkan Bahan-bahannya.. yg utama obatnya yaitu: 

Soda Api Atau Caustik Soda yg bungkusan Rp.10, 000,- saja perbungkus.. Cukup 1 bungkus, Beli di toko bangunan. 

Kemudian sediakan :

Sarung tangan karet tebal untuk keamanan dari terkena soda api td.. 
Lalu
Masak air secukupnya untuk satu perut knalpot tsb sampai mendidih... 
Jangan lupa masukkan terlebih dahulu soda api 1 bungkus ke dalam knalpot.. 
Tutup ujung selincer serapat mungkin agar air soda api tidak keluar... 

Tuang air mendidih ke knalpot yang sudah berisi soda api, harap hati hati saat mengisi, wajah jangan terlalu dekat dengan knalpot, karena reaksi cairan akan meletup letup kecil akibat reaksi air mendidih dan soda api tsb... Usaha kan taruh knalpot di bawah dengan bersandar pada tumpuan seperti membuat ganjalan agar posisi leher knalpot ideal saat dituang air panas.. INGAT!!!! JANGAN DIPEGANG KNALPOT SAAT MENGISI AIR, SOALNYA PANAS!!!! SOBAT AKAN KELABAKAN MAU TARUH DIMANA KNALPOT SAAT TANGAN KEPANASAN YANG AKHIRNYA BUAT AIR DI KNALPOT TUMPAH KEMANA-MANA... 
jadi letak saja knalpot nya dengan posisi terlentang. 

Setelah terisi penuh, tutup juga ujung leher knalpot tempat pengisisan air panas dan soda api serapat mungkin dan saat kondisi knalpot sudah tidak panas (atau hangat hangat kuku) goncang knalpot pelan pelan agar campuran air panas dan soda api merata seluruh dalam knalpot.. 
Agar hasilnya maksimal diamkan knalpot 1 s/d 2 Hari... 
Dan hasilnya...... 
Kerak Karbon membandel "muntah" semuanya, knalpot kembali bersih dan suara kembali garing. 

Selamat Mencoba...

Video tutorial: 

https://m.youtube.com/watch?v=vuDDoCpmAq0




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trik Buat Pemakaian Oli Samping SATRIA 2 TAK Irit & Efisien

  <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-9210994285488848"      crosso...