Selasa, 30 November 2021

History Of Yamaha 125 Z, Suzuki RGV 120, Modenas DinamikMalaysia


Salam 2 Stroke Legend... 

Ceria Selalu..dan ingat..jangan lupa..bersyukur..

Serta jaga kesehatan ya Sob.. 

SAFETY FIRST ON RIDING.. 


Bahas para "jagoan" Ayam Jago dari Thailand, sudah..

Now..It's time to talk about "SUPER CUB" 2 Stroke Motorcycle from Malaysia. Ya..motor motor "Bebek Super" dari negara tetangga yang terdekat dengan kita, kurang afdol rasanya kalau tidak dibahas. Kenapa saya sebut "SUPER CUB" ? 

Kita ambil contoh yang terdekat saja, motor sport 2 Tak yang beredar di Indonesia, saya urai dari yang paling yang terakhir beredar ; NINJA 150, lalu RX-King 135, RXZ135, RZR135RGR150 sampai NSR150 yang kita semua tahu, bukan lah motor-motor sport ber cc tertinggi yang di keluarkan oleh pabrik tapi masih ada diatas sejenis mereka ber cc lebih besar seperti 250 cc dan tentunya "mbah" nya 500 cc.

Tapi bagaimana motor kelas bebek?? Demi faktor keselamatan dan keamanan, pabrikan cuma merekomendasi level bebek 2 Tak mentok di 120 s/d 125 cc tidak lebih. Kalau lebih dari 125 cc Min?? Ya monggo.. tapi dosa dan resiko tanggung sendiri πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„.. 

Maksudnya pabrik sudah lepas tanggung jawab kalau sampean ngoprek bebek maupun ayam jago melebihi 125 cc. Balik lagi yang namanya motor yang memiliki Underbone alias tulang bawah ini, punya sasis nggak se "kekar" motor sport . Motor bebek, mesinnya cuma bergantung pada satu rangka saja alias Underbonenya itu sendiri.. tapi kalau mesin motor sport ditopang 2 rangka untuk bisa "mendekap" mesinnya dengan kuat yakni rangka atas (dudukan tangki) dan rangka bawah dudukan mesin itu sendiri. 

Loh Bebek 4 Tak sudah 150 cc, itu gimana Min?? Iya.. Kalau 4 Tak meskipun sudah jadi Underbone Tune Up 150 cc 4 Tak, tenaga masih setara Underbone 2 Tak 125..bayangkan kalau Bebek 2 Tak, punya mesin standar 150 cc terus dijadikan Underbone 150 cc

Kalau pantun India mengatakan.. 

"..Tuan Vijay bakar menyan diatas lemari.".. cakep.!! 

Anjayyy Tenannnn.. 

tuh larinya...!!! 

Liat saja Kawasaki LEO atau beberapa Cagiva STELLA yang main Underbone, rangka nya sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan tambahan besi agar motor tetap stabil dan terhindar dari patahnya tulang tengah..akibat dari tenaga sudah nggak karuan dan torsi nya yang besar. 


Trus intinya apa Min.. kok kurang paham nih?? makanya waktu sekolah jangan duduk paling belakang.. duduk dibawah pula..🀭🀭🀭

Ya intinya motor motor bebek 2 Tak yang kalian punya di kelas 120 s/d 125 adalah bebek ber cc terbesar di dunia!!!  Setelah itu kan tidak ada lagi bebek  2 Tak diatas 125 cc , berarti julukan yang paling tepat  "Bebek Super" . 

πŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹ kasih aplaus buat para profesor yang sudah buat bebek bebek tab sudah pernah hadir di kehidupan kita..

Ok..Langsung saja ke pokok topik diatas, yang pertama kita bahas dari segi penjualan terbanyak, tentu saja motor "sejuta umat" di negeri jiran,  yang kini unitnya di Indonesia semakin mahal...

and.. 

HISTORY OF 2 STROKE 

LEGEND 

UNDERBONE   

Proudly

...PRESENT... 


1. YAMAHA 125 Z & ZR


125 Z edisi pertama yang juga sempat masuk ke Indonesia di tahun 2000.
(image:yamaha-motor.com.my

Ya..produk kebanggaan hampir kebanyakan kaum muda khususnya laki-laki di Malaysia dikelas bebek.  Dan kalau bisa katakan produk YAMAHA 2 Tak adalah merek terpopuler disana . Kalau di Thailand, tentu saja HONDA , sebagai produk terlaris. Sedang Indonesia ya tentu SUZUKI sebagai produsen pemimpin pasar di segmen sepeda motor 2 Tak. 
Balik ke 125Z..
Dirilis tahun 1998 oleh HONG LEONG MALAYSIA,Sdn,Bhd., 125 Z diedarkan hanya dalam 1 varian namun dalam 3 warna pilihan ;  Blue, Red & Kuning Silver

Yamaha 125 Z edisi pertama yang sempat masuk ke Indonesia
(image:yamaha-motor.com.my

Tanpa pake basa-basi , motor diluncurkan dengan spek & tampilan yang "superior".. nggak pake embel-embel ; masih pake transmisi 4 atau 5 speed , masih otomatis alias non kopling lah..rem belakang masih teromol lah . Namun langsung mengusung bebek 2 Tak dengan kapasitas 125 cc , transmisi 6 Speed, monoshock, rem cakram depan belakang meskipun masih mengaplikasikan lingkar jari-jarijari-jari serta tidak ketinggalan frame "DELTA BOX" jadi andalan. Selain sebagai penopang kestabilan, rangka ini juga memberikan kesan "KEKAR" pada 125Z. Karena selama ini, bebek 2 Tak Yamaha identik dengan body ramping serta sasis yang cukup ringan. 
Teknologi pada exhaust alias knalpot sudah mengusung CATALYZER CONVERTER agar lolos uji gas emisi standar EURO 1 & 2, sehingga masa produksi pun bisa berjalan panjang. 

"..Ini kan namanya bebek sport..jangan tanggung-tanggung..sudah langsung kasih kopling!!!.. rem cakram depan belakang!!! dan pastikan 6 speed!!!.." begitu kira-kira petinggi Yamaha kasih perintah.. (Ah kumat..sotoy lagi nih Admin😁😁😁) .. 
"..Apa lagi yang kurang??? Apa perlu kasih 7 speed?? 
Jangan Pak.. entar motor nya terbang.. nyangkut di atap rumah orang... Kan nggak enak sama warga.. 

Lah iya..125 Z memang "cukup tegas" , motor seperti di "khusus" kan hanya untuk para kaum muda yang berjiwa "pemberani".. Meskipun begitu, para kaum wanita yang ingin menuggangi, tetap "cocok" duduk diatasnya.. 
"..Bencong gimana Min??.." Nah itu "cucok" juga 🀭🀭🀭
Sangat jelas sekali peluncuran 125 Z ini, ingin "membunuh" Suzuki RGV 120 sudah duluan nongol. Otomatis spesifikasi pun dirancang musti melebihi saingannya satu negara tsb. 

Sekilas Data Teknis 125 Z & ZR

  • VOLUME              : 124,3 cmΒ³
  • BORE X STROKE : 53,8 mm X 54,7 mm 
  • KOMPRESI           : 6,5:1
  • TORSI                   : 1,64 Kgm @ 7.500 rpm
  • KARBURATOR     : MIKUNI VM 22 X 1
  • TRANSMISI         : 6 Speed (Manual) 
  • POWER                 : 17 HP @ 8.000rpm 
  • PENDINGINAN    : Udara

 
Kemudian di bulan Juli 2003 , 125ZR diperkenalkan ke publik. Tidak ada, perbedaan pada spesifikasi mesin. Hanya ada sedikit perubahan beberapa fitur  penunjang penampilan dan memakai Sport Rim 3 Spokes alias palang 3 dari ENKEI. Keluaran pertama seri ZR ini adalah unit yang paling langka dan dicari kolektor disana. 
(image:yamaha-motor.com.my

Beberapa Fitur tambahan 125 ZR terbaru sebagai pembeda dari 125 Z. Seperti penambahan visor pada batok lampu depan yang pada edisi ZR pertama belum ada. 
(image:yamaha-motor.com.my

Masa edar ZR cukup lama Sob.. terhitung sejak rilis 2003 sampai akhir produksinya tahun 2017. Kurang lebih 14 Tahun..!!! Dan tiap tahun selalu update model stripping yang bervariasi., sementara versi 125 Z juga masih diproduksi sampai 2007 . Karena masih tingginya minat konsumen terhadap produk 125ZR ini. Ditambah pula negara tetangga seperti SINGAPURA, VIETNAM, FILIPINA , dan negara tetangga lainnya termasuk INDONESIA (meskipun sebentar) serta sebagian negara Eropa seperti YUNANI, ikut mengimpor produknya dari Malaysia.

 Khusus Indonesia, YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia) pernah coba memasarkan 125Z edisi pertama, di beberapa kota besar, pada tahun 2000 s/d 2002, namun karena sepinya peminat akibat harga unitnya yang cukup mahal dibandingkan motor-motor bebek lain, ketika itu dibandrol dengan harga sekitar 18 juta lebih, YMKI tidak melanjutkan penjualan 125 Z alias discontinue. Hanya saja beberapa Importir Umum, coba masih menjual dengan item yang terbatas dan order by request (pesanan sesuai permintaan) . Masyarakat kita dulu banyak belum "ngeh" dengan teknologi dan spesifikasi yang dimiliki 125 Z . Promosinya cuma sebatas melalui media cetak. Malah lucunya,  penyebutan 125 Z ditengah masyarakat dulu ada yang bilang Yamaha Catalyzer dan sebagian ada yang menyebut Force One-nya Malaysia.. Sekilas bentuknya memang mirip F1ZR sampai ada nyeletuk walah pada beli mahal-mahal mending beli F1ZR yang ketika itu kisaran harga 13 juta-an. Sayangnya, promosi yang lebih mendetail kurang dijelaskan pada masyarakat awam. padahal kalau bisa kita sebut, jangankan di kota , di pelosok daerah yang banyak para Juragan sawit kalau tahu ada motor-motor mahal yang berkualitas, langsung mereka sikat tanpa pake nawar lagi.  Wong..Ninja 250 4 Tak baru muncul di beli bukan buat mejeng malah ngangkut sawit "setandan" πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†.. 

Ada hal yang cukup menarik dan juga membuat gempar para pecinta 125 Z/ZR ketika dirilis nya 125 ZR LIMITED EDITION dengan livery spesial ala Tim MOVIE STAR MOTO GP besutan VALENTINO ROSSI. yang diedarkan hanya 5000 Unit. Ketika unitnya belum resmi dilepas ke publik, supaya menarik customer, edisi tsb dklaim produksi terakhir 125 ZR. Namun setelah dikonfirmasi langsung ke Yamaha nya , mereka membantah telah mengumumkan perihal tsb, dan menepis bahwasanya versi tsb edisi terakhir. Merilis unitnya saja belum, namun sudah ada pihak ketiga yang mengeluarkan versi MOVIE STAR yang tidak ada kaitannya dengan HLYM . (image:yamaha-motor.com.my


(image:yamaha-motor.com.my


Sertifikat Asli berdasarkan nomor UNIT , SASIS serta  MESIN . Nomor UNIT tertera di batok sebelah kiri 125 ZR LIMITED EDITION 
Sebenarnya, edisi LIMITED EDITION ala MOVIE STAR tsb , produksinya terbatas hanya dari segi tampilan yang dikemas secara eksklusif.. spesifikasi mesin tetap sama. Jadi sebagian masyarakat disana tidak begitu antusias alias biasa saja menyambut "kehadiran" nya. 
(image:yamaha-motor.com.my

Deretan 125 Z yang masih "telanjang" dan akan dikasih baju "baru" yang bagus. 
(image:FB125zrMoviestarlimited001/5000

125 ZR MOVIE STAR Unit 001/5000
(image:FB125zrMoviestarlimited001/5000

Yamaha 125 Z edisi teranyar dengan pembaruan pada stripping, penambahan visor di batok lampu &  spakbor kecil di bagian belakang serta piringan cakram lebih lebar berdiameter 260 mm. 
(image:yamaha-motor.com.my)

Setelah hadir dengan perjalanan yang cukup panjang 1998-2017 kurang lebih selama 14 tahun ditambah peraturan ambang batas gas emisi EURO 3 . Akhirnya pada tanggal 
27 DESEMBER 2017, para pecinta "kapchai" 2 Tak ini harus mengucapkan salam perpisahan kepada Yamaha 125 ZR dalam perakitan terakhirnya . Pastinya mereka puas dengan produk kebanggaan mereka selama ini. Mungkin ada berapa alasan mengapa 125Z & ZR sudah laris manis dulu di negeri nya sendiri Malaysia. Pertama karena memang produksi dari merek favorit hampir kebanyakan penduduk Malaysia, kedua adanya ikatan emosional antara pembalap Legendaris VALENTINO ROSSI bersama YAMAHA dengan mengukir prestasi Juara Dunia beberapa kali yang berimbas pada produk jualannya dan terakhir yang pasti dari segi penampilan serta performa dari 125 Z/ZR sendiri, salah satu kapchai terbaik sepanjang masa yang pernah mereka ciptakan. 

Mesin terakhir Yamaha 125 ZR beserta kode nya. Bakal jadi incaran para kolektor 2 Tak nih Sob.. bisa jadi ini seri no mesin tsb ada pada motor kamu... 
(image:yamaha-motor.com.my)

Dan diantara model 125 ZR warna Kuning Hitam inilah yang memiliki kode mesin terakhir tadi. 
(image:yamaha-motor.com.my)




2. SUZUKI RGV120 & RGX 120


Ada 2 jenis varian motor bebek ber cc 120 yang dirilis oleh LION SUZUKI CORPORATION MALAYSIA, Sdn,Bhd yaitu RGV 120 dan RGX 120 . Mereka serupa tapi tak sama . 


RGV 120

Secara produksi sebenarnya Suzuki RGV 120 lebih dulu muncul diantara para saingannya kategori bebek 2 Tak 120 s/d 125 untuk pasar Malaysia ketika itu.
 Dirilis pada tahun 1995 RGV sebenarnya sudah menampilkan spesifikasi yang kala itu sudah dianggap "SUPERIOR" di zamannya. Belum surut pamor RG SPORTS 110 , Suzuki sudah meluncurkan RGV.  Malah ada anggapan, RGV meskipun sudah 120 CC dan 6 Speed, performanya nggak jauh beda dengan RG SPORTS , tidak sesuai ekspetasi publik disana yang ingin power lebih dari sektor dapur pacunya. 

Masih termasuk keluarga RG Series dengan jenis mesin RU Series, RGV adalah pengembangan dari RG Sports dengan volume selinder, karburator, dan torsi yang lebih besar dari Sang Abang yang sudah dulu menjadi bebek legendaris. 

RGV 120 edisi pertama dengan 2 varian warna saja. 


RGV 120 edisi ke 3
(image:FBSuzukiSport2THI--Xipo

Suzuki RGV 120 juga lebih dulu mengeluarkan model tanpa versi basic atau standar seperti motor-motor yang beredar selama ini, langsung menggunakan 6 Speed, Kopling manual serta monoshock yang bisa disesuaikan. Namun jenis pengereman belakang masih sistem teromol. Masih mengandalkan frame SCAF yang memang diterapkan semua seri mesin RU tentunya kestabilan RGV tidak perlu diragukan. Perbandingan gear akhir memakai 13: 42 (SATRIA 2 Tak, RGX /SATRIA HIU ; 13:43) . Karakter mesin RGV menganut jenis "OVER SQUARE" sama layaknya RGX, SATRIA 2 Tak serta STINGER yang mempunyai nafas panjang dirpm atas, cirinya ukuran BORE piston jauh lebih besar dari STROKE piston. 

Sekilas Data Teknis RGV 120

  • VOLUME              : 120,7 cmΒ³
  • BORE X STROKE : 56 mm X 49 mm 
  • KOMPRESI           : 7:1
  • TORSI                   : 1,50 Kgm @ 7.500 rpm
  • KARBURATOR     : MIKUNI VM 20 SS
  • TRANSMISI         : 6 Speed (Manual) 
  • POWER                 : 15 HP @ 8.000rpm 
  • PENDINGINAN    : Udara

RGV 120 edisi 2.
(image:webike.vn

RGV 120 khusus pasar Vietnam. 
(image:chodocu.com

RGV 120 (edisi 3) yang juga beredar di Vietnam, salah satu motor favorit kaum muda disana. Juga menjadi buruan para kolektor 2 Tak Vietnam. 
(image:chodocu.com

RGV 120 edisi 4 (terakhir) juga memiliki livery ala RGV 500 Gamma Team SUZUKI Telefonica MOVISTAR KENNY ROBERT Jr .
 (image:chodocu.com

Populasi RGV 120 di Malaysia sebetulnya cukup banyak, motor ini pilihan pertama bebek di segmen cc 120 atau 125 oleh para pecinta 2 Tak disana sebelum muncul nya 125 Z. Ketika 125 Z baru keluar banyak orang menyebut mirip RGV 120. Namun era sekarang anak anak zaman Now di Malaysia kala melihat RGV 120, dimana ketika pertama kali muncul pada saat mereka belum lahir , malah mengatakan RGV 120 yang mirip 125 Z . 
   Meskipun RGV kalah "SUPERIOR" dibanding Yamaha 125 Z maupun Modenas DINAMIK 120 dari segi power,  namun para penggemar fanatik Suzuki tetap menganggap kapcai ini salah satu bebek legendaris terbaik yang patut "dilestarikan".


SUZUKI RGX RU 120 

Suzuki RGX diluncurkan akhir 2003 , menjelang penghabisan produksi seri RG Series terakhir yakni RGV 120 dan SATRIA 120 di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung , LION SUZUKI CORPORATION MALAYSIA (LSCM) merombak seluruh "COVER SET
RGV 120 . Meskipun masih memakai spek mesin yang lama, namun tampilan seluruh body didesain lebih futuristik, kesan tirus dan serba runcing namun tidak kaku, terlihat di model RGX 120. Frame belakang pun ditambah aksesoris penunjang body yang tampak lebih "nungging" dari versi sebelum nya. Sektor pengapian upgrade memakai DENSO buatan Jepang.
Barangkali ini sebuah ungkapan perpisahan dan Terima kasih LION SUZUKI untuk para pecinta RG Series selama ini, dimana mempersembahkan varian Edisi yang terakhir yang sangat Istimewa. 

Varian yang dirilis pun cukup simple yakni 3 warna pilihan  : Yellow, Red & Blue. 









Dan RGX 120 pun sebagai penutup seri RG Series yang terakhir bersamaan dengan pamitnya SUZUKI LION Malaysia yang sudah berjasa menghadirkan produk produk 2 Tak andalan Suzuki di Malaysia dan beberapa negara lainnya. 
Selamat Tinggal RG.. Selamat Tinggal LION.. 
produk kalian akan terus diingat selamanya.. 


3. MODENAS DINAMIK 120

Dari namanya mungkin masih asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia pada umumnya ketika itu tapi tidak buat warga MEDAN, Sumatera Utara, apalagi negara asal nya Malaysia. 
Yap..MODENAS sempat membuka Dealer Cabang untuk Indonesia hanya di Medan tepat nya daerah komplek Perumahan TAMAN SETIA BUDI INDAH (TASBIH). Mungkin letak geografis yang berdekatan makanya Medan yang dipilih. Ditambah Medan kota terbesar ke 3 , jumlah penduduk yang padat, sangat potensial untuk promosi MOTOSIKAL Dan ENJIN NASIONAL (MODENAS) ini . 

Motor 2 Tak Nasional Malaysia tsb dirilis tanggal 23 AGUSTUS tahun 2003. Kerjasama antara MODENAS dan KAWASAKI HEAVY INDUSTRIES Ltd serta TAIWAN'S MOTIVE POWERS INDUSTRIES Ltd. Basic mesin DINAMIK mengadopsi dari Kawasaki LEO STAR SSR 120 dan beberapa penyesuaian part serta tampilan, dimana LEO STAR menganut gaya Ayam Jago tulen sedangkan DINAMIK semi ayam jago mirip Suzuki ARASHI 125 Thailand dan Yamaha JUPITER MX 135 yang keduanya mesin 4 Tak. 

DINAMIK 120 edisi pertama diluncurkan 2 warna pilihan Red & Blue. Sudah menggunakan kopling manual, 6 speed serta double cakram . Tentu DINAMIK menjadi sebagai opsi lain para pecinta 2 Tak dikelas 120 s/d 125 . 

Salah satu kelebihan DINAMIK 120 pada swing arm yang menggunakan stabilizer yang mirip digunakan NINJA 150 RR
(image:Pandulaju.Com.My

Secara performa standar pabrik, DINAMIK sedikit dibawah 125Z. Tak heran MODENAS "pe-de" menurunkan 2 Tak andalannya tsb ikut CUB PRIX melawan 125 Z
Kalau selama ini CUB PRIX UNDERBONE 125cc 2 Tak mirip ONE MAKE RACE (OMR) atau balap satu merek 125 Z karena tidak ada saingan dari produsen lain seperti Suzuki. 
Setelah DINAMIK lahir barulah kelas 2 Tak paling bergengsi di Malaysia itu lebih seru penyajiannya, seperti keseruan yang terhampar dikelas UNDERBONE 110cc 2 Tak yang menyajikan beberapa merek saling bersaing . 

Sekilas Data Teknis DINAMIK

  • VOLUME              : 118 cmΒ³
  • BORE X STROKE : 54 mm X 51,8 mm 
  • KOMPRESI           : 7,3 :1
  • TORSI                   : 1,43 Kgm @ 8,000 rpm
  • KARBURATOR     : MIKUNI VM 22
  • TRANSMISI         : 6 Speed (Manual) 
  • POWER                 : 16,7 HP @ 9.000rpm 
  • PENDINGINAN    : Udara

Tidak ada perubahan yang signifikan pada tampilan dan spesifikasi sejak awal diluncurkan, hanya perubahan dari sisi stripping dan warna . Peredaran DINAMIK sempat diskontinue namun di tahun 2011 dilanjutkan kembali hingga tahun 2017 . 
Sebagai kado perpisahan produk 2 Tak nya , Modenas meluncurkan DINAMIK yang terakhir (versi ke 5) dengan motif HARIMAU MALAYA

DINAMIK 120 edisi 5 alias terakhir yang diluncurkan bulan SEPTEMBER 2017. Edisi ini pun juga dibuat terbatas unitnya yang hanya 1.000 unit saja diedarkan. 
(image:Pandulaju.Com.My

Dengan demikian, dengan berakhirnya peredaran DINAMIK dan 125 ZR , sekaligus menandakan berakhirnya pula produksi motor 2 Tak yang selama ini bukan saja digandrungi pecinta 2 Tak di Malaysia namun juga para penghobi di seluruh kawasan Asia Tenggara.  
Produksi sepeda motor segmen Moped atau Bebek di Malaysia ini bisa dikatakan bagian dari Sejarah yang tidak terlupakan karena peredaran 2 Tak nya cukup lama di Asia bahkan di dunia. Terkait peraturan baru standar emosi EURO 3 ketika itu. Mau tidak mau produsen motor harus menghentikan produksi nya.
 Di Eropa,  pabrik seperti KTM sebenarnya masih memproduksi motor Trail Enduro bermesin 2 Tak dimana sudah lulus standar gas emisi bahkan level EURO 4 , ya salah satu syaratnya adalah penggunaan teknologi injeksi seperti sudah diaplikasikan pada mesin 4 Tak. Selain ramah lingkungan, penggunaan sistem injeksi pada mesin 2 Tak menyalurkan tenaga secara merata dan optimal karena suplai bahan bakar sudah diatur secara otomatis oleh mekanisme injeksi itu sendiri. Istilah nya karakter power nya lebih "smooth" dibandingkan pemakaian karburator yang harus repot menyesuaikan setelan angin dan spuyer agar settingan motor bisa "pas". Sedangkan kekurangan pemakaian sistem injeksi tentu saja ciri khas mesin 2 Tak selama ini yakni " hentakan" spontan atau kamus gaul anak motor, "jambakkan" nya akan hilang. 
Biaya pengembangan pembuatan sebuah motor 2 Tak bukan lah murah. Jadi sudah tidak mungkin lagi bagi produsen memproduksi kembali motor 2 Tak apalagi dikelas bebek tsb. Itu sebabnya Sob.. Jangan heran kalau era milenial ini motor 2 Tak khususnya Bebek dan Ayam Jago varian apa saja ibarat buronan yang sedang dicari - dicari alias "WANTED"... DEATH or LIFE!!!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trik Buat Pemakaian Oli Samping SATRIA 2 TAK Irit & Efisien

  <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-9210994285488848"      crosso...